Berita

Tidak Ada Bukti dan Laporan, Polsek Gerung Titipkan Ibu-ibu Terduga Copet ke Keluarga

×

Tidak Ada Bukti dan Laporan, Polsek Gerung Titipkan Ibu-ibu Terduga Copet ke Keluarga

Share this article
Aksi Cepat Polsek Gerung Amankan Terduga Copet di Pasar Gerung

Lombok Barat, NTB – Polsek Gerung, Polres Lombok Barat, Polda NTB bergerak cepat mengamankan seorang terduga pelaku pencopetan di Pasar Gerung pada hari Minggu (24/3/2024) sekitar pukul 08.30 WITA.

Kecepatan dan ketepatan tindakan Polsek Gerung ini patut mendapat apresiasi. Menunjukkan respon sigap dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, serta mencegah meluasnya dampak peristiwa ini.

Kronologi Kejadian

Kapolsek Gerung, AKP I Kadek Sumerta, SH., menjelaskan bahwa pihaknya menerima informasi dari masyarakat. Tentang adanya penangkapan terduga copet oleh pengunjung pasar.

“Mendapat informasi tersebut, anggota Polsek Gerung langsung mendatangi TKP. Kemudian mengamankan terduga pelaku ke Mako Polsek Gerung untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar AKP Sumerta.

Terduga pelaku berinisial S (50), perempuan asal salah satu Desa di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur.

Berdasarkan keterangan S, ia datang ke Pasar Gerung untuk berbelanja sayur. Namun, baru 30 meter memasuki pasar, ia diteriaki maling oleh pengunjung pasar dan ditarik paksa.

Upaya Penanganan dan Pendekatan Humanis

“Saat ini, belum ada korban yang melapor dan tidak ada barang bukti yang kami amankan,” terang AKP Sumerta.

Pihak kepolisian telah melakukan interogasi terhadap S dan kepala pasar, serta berkoordinasi dengan pihak keluarga dan kepala dusun S.

“Aehingga terduga pelaku kami titipkan kepada pihak keluarga, saat itu Kepala dusun menyaksikannya langsung. Namun, jika kami butihkan, akan tetap memanggil S ke Polsek Gerung,” kata AKP Sumerta.

Kapolsek Gerung menekankan bahwa pihaknya mengedepankan pendekatan humanis dan azas praduga tak bersalah dalam menangani kasus ini.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak main hakim sendiri jika menemukan terduga pelaku kejahatan. Laporkan segera ke pihak kepolisian agar mendapat penanganan secara prosedural,” ujar AKP Sumerta.

Pendekatan humanis dan azas praduga tak bersalah oleh Polsek Gerung ini mencerminkan komitmen Polri. Dalam menegakkan hukum dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Upaya Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat

Menurutnya, sebagai upaya pencegahan, Polsek Gerung akan meningkatkan kegiatan patroli di Pasar Gerung dan tempat-tempat keramaian lainnya.

“Kami harap masyarakat dapat membantu menjaga keamanan dan ketertiban. Dengan melapor ke pihak kepolisian jika melihat hal-hal yang mencurigakan,” pungkas AKP Sumerta.

Kerjasama dan partisipasi aktif dari masyarakat sangatlah penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Dengan saling bersinergi, sehingga situasi kamtibmas yang kondusif dapat terwujud di wilayah Lombok Barat.

Tindakan sigap, profesional, dan humanis oleh Polsek Gerung dalam menangani kasus ini patut mendapat apresiasi. Hal ini menunjukkan komitmen Polri dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Masyarakat juga diimbau untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban dengan melapor ke pihak kepolisian jika melihat hal-hal yang mencurigakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Kasat Lantas Polres Sumbawa Bersama Jasa Raharja Cek…