Berita

Patroli Laut Gencar Dilakukan di Lombok Barat, Ciptakan Suasana Aman Menjelang World Water Forum

×

Patroli Laut Gencar Dilakukan di Lombok Barat, Ciptakan Suasana Aman Menjelang World Water Forum

Share this article
Patroli Laut Ditingkatkan Jelang World Water Forum di Bali

Lombok Barat, NTB – Kepolisian Resor Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, meningkatkan kegiatan patroli laut dalam rangka kegiatan imbangan, menciptakan kondisi aman menjelang penyelenggaraan World Water Forum (WFF) ke-10 tahun 2024 di Provinsi Bali.

Kasat Polairud Polres Lombok Barat, Iptu L. Nursidi, mengatakan bahwa patroli rutin dilakukan oleh personel Satpolairud Polres Lombok Barat setiap hari, mulai pukul 08:00 hingga selesai.

“Patroli ini dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana di laut, seperti pencurian ikan ilegal, penyelundupan manusia, dan penambangan ilegal,” ujar Iptu Nursidi, Minggu (5/5/2024).

Selain patroli, personel Satpolairud Polres Lombok Barat juga melakukan kegiatan pembinaan masyarakat (polmas) kepada para pengguna jasa pelabuhan dan wisatawan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat dan wisatawan agar selalu menjaga kamtibmas dan berhati-hati dalam beraktivitas di laut,” kata Iptu Nursidi.

Hingga saat ini, situasi kamtibmas di wilayah pesisir Lombok Barat masih kondusif. Tidak ada laporan terkait tindak pidana laut yang terjadi selama periode patroli.

Peningkatan Keamanan Jelang WFF

Peningkatan kegiatan patroli laut di Lombok Barat merupakan bagian dari upaya Polri untuk memastikan keamanan dan kelancaran penyelenggaraan WFF ke-10 di Bali. WFF ke-10 dijadwalkan berlangsung pada 18-25 Mei 2024 dan akan dihadiri oleh para pemimpin dunia, akademisi, dan aktivis dari berbagai negara.

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menjadikan WFF ke-10 sebagai platform untuk membahas berbagai isu terkait air, termasuk perubahan iklim, ketahanan pangan, dan akses air bersih.

Cuaca Cerah, Gelombang Landai

Berdasarkan laporan cuaca dari Stasiun Meteorologi Maritim Lombok, cuaca di wilayah pesisir Lombok Barat saat ini cerah, dengan tinggi gelombang landai dan kecepatan angin 6-9 knot. Kondisi laut pasang juga terjadi di wilayah tersebut.

Iptu Nursidi menghimbau kepada masyarakat dan wisatawan agar selalu berhati-hati dalam beraktivitas di laut, terutama saat cuaca ekstrem.

“Jika terjadi cuaca ekstrem, mohon hindari beraktivitas di laut. Segera cari tempat berlindung yang aman,” imbaunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Kasat Lantas Polres Sumbawa Bersama Jasa Raharja Cek…